Wednesday, 9 January 2013

Grafik Komputer :KONSEP DASAR


Grafik Komputer : Konsep Dasar 2/14
Grafik Komputer dan Pengolahan Citra
Kegiatan yang Terkait dengan Grafik Komputer
•Pemodelangeometris: menciptakanmodel matematikadariobjek-objek2D dan3D.
•Rendering:memproduksicitra yang lebih solid dari modelyang telah dibentuk.
•Animasi:Menetapkan/menampilkankembalitingkahlaku/behavior objekbergantungwaktu.
Grafik Komputer : Konsep Dasar 3/14
Grafik Komputer dan Pengolahan Citra
Kerangka Grafik Komputer InteraktifApplicationmodelApplicationprogramGraphicsLibrary (GL)GraphicsSystem•Graphics library/package (contoh:OpenGL) adalah perantara aplikasi dan display hardware (Graphics System)•Application program memetakan objek aplikasi ke tampilan/citra dengan memanggil graphicslibrary•Hasil dari interaksi user menghasilkan/modifikasi citra •Citra merupakan hasil akhir dari sintesa, disain, manufaktur, visualisasi dll.
Grafik Komputer : Konsep Dasar 4/14
Grafik Komputer dan Pengolahan Citra
Pemodelan Geometris
•Transformasi dari suatu konsep (atau suatu benda nyata) ke suatu model geometris yang bisa ditampilkan pada suatu komputer :
–Shape/bentuk
–Posisi
–Orientasi (cara pandang)
–Surface Properties / Ciri-ciri Permukaan (warna, tekstur)
–Volumetric Properties / Ciri-ciri volumetric (ketebalan/pejal, penyebaran cahaya)
–Lights/cahaya (tingkat terang, jenis warna)
–Dan lain-lain …
•Pemodelan Geometris yang lebih rumit :
–Jala-Jala segi banyak: suatu koleksi yang besar dari segi bersudut banyak, dihubungkan satu sama lain.
–Bentuk permukaan bebas: menggunakan fungsi polynomial tingkat rendah.
–CSG: membangun suatu bentuk dengan menerapkan operasi boolean pada bentuk yang primitif.
Grafik Komputer : Konsep Dasar 5/14
Grafik Komputer dan Pengolahan Citra
Elemen-elemen Pembentuk Grafik:GEOMETRITitikGarisPolygonKurvaLingkaran2D3D
Grafik Komputer : Konsep Dasar 6/14
Grafik Komputer dan Pengolahan Citra
Pemrosesan Citra untuk Ditampilkan di LayarVector DisplayRaster Display
2D/3D Citra/ Model Data
Grafik Komputer
2D Tampilan Citra
Grafik Komputer : Konsep Dasar 7/14
Grafik Komputer dan Pengolahan Citra
Hardware Display Grafik : Vektor
•Vetor (calligraphic, stroke, random-scan)•Arsitektur Vektor
Grafik Komputer : Konsep Dasar 8/14
Grafik Komputer dan Pengolahan Citra
Hardware Display Grafik : Raster
•Raster (TV, bitmap, pixmap), digunakan dalam layar dan laser printer•Arsitektur Raster
Grafik Komputer : Konsep Dasar 9/14
Grafik Komputer dan Pengolahan Citra
Elemen-elemen Pembentuk Grafik:
WARNA (1/4)
•Sistem Visual Manusia
Pembentukan Citra oleh Sensor Mata•Intensitas cahaya ditangkap oleh diagram iris dan diteruskan ke bagian retina mata.•Bayangan obyek pada retina mata dibentuk dengan mengikuti konsep sistem optik dimana fokus lensa terletak antara retina dan lensa mata.•Mata dan syaraf otak dapat menginterpretasi bayangan yang merupakan obyek pada posisi terbalik.
Grafik Komputer : Konsep Dasar 10/14
Grafik Komputer dan Pengolahan Citra
Elemen-elemen Pembentuk Grafik:
WARNA (2/4)
Sistem Visual Manusia….(lanjutan)•Fovea di bagian retina terdiri dari dua jenis receptor:–Sejumlah cone receptor, sensitif terhadap warna, visi cone disebut photocopic vision atau bright light vision–Sejumlah rod receptor, memberikan gambar keseluruhan pandangan dan sensitif terhadap iluminasi tingkat rendah, visi rod disebutscotopic vision atau dim-light vision•Blind Spot–adalah bagian retina yang tidak mengandung receptor sehingga tidak dapat menerima dan menginterpretasi informasi•Subjective brightness–Merupakan tingkat kecemerlangan yang dapat ditangkap sistem visual manusia;–Merupakan fungsi logaritmik dari intensitascahaya yang masuk ke mata manusia;–Mempunyai daerah intensitas yang bergerak dari ambang scotopic (redup) ke photocopic (terang).•Brightness adaption–Merupakan fenomena penyesuaian mata manusia –dalam membedakan gradasi tingkat kecemerlangan;–Batas daerah tingkat kecemerlangan yang mampudibedakan secara sekaligus oleh mata manusia lebih kecil dibandingkan dengan daerah tingkat kecemerlangan sebenarnya.BlackGrayWhite2551280Brightness SpacingProsesKwantisasiBrightness Resolution
Grafik Komputer : Konsep Dasar 11/14
Grafik Komputer dan Pengolahan Citra
Elemen-elemen Pembentuk Grafik:
WARNA (3/4)
•Kubus Warna RGB•Model Warna CMY-Sistem Koordinat dengan R,G, B sebagai axes. YCMMagentaBlueBlackCyanGreenRedYellow-Sistem Koordinat dengan C, M, Y sebagai axes; banyak digunakan untuk menggambarkan warna pada perangkat output hard-copy-Grayscaleaxis runs from (0,0,0) to (1,1,1).-Color: prosessubstractive.
Grafik Komputer : Konsep Dasar 12/14
Grafik Komputer dan Pengolahan Citra
Elemen-elemen Pembentuk Grafik:
WARNA (4/4)
•True Color•Indexed Color•High ColorTrue ColorIndexed ColorHigh Color
Grafik Komputer : Konsep Dasar 13/14
Grafik Komputer dan Pengolahan Citra
Koordinat Sistem
•Koordinat sistem Jendela /Layar Monitor•Koordinat sistem Framebuffer OpenGLContoh :xy(0,0)yx(0,0)1122331. 1. (0, 0)2. (5, 7)3. (8, 3)
Grafik Komputer : Konsep Dasar 14/14
Grafik Komputer dan Pengolahan Citra
Dasar Matematika yang Diperlukan dalam Grafik Komputer
–Geometry (2D, 3D)
–Trigonometry
–Vector spaces
•Points, vectors, dan koordinat
–Dot dan cross products
Post a Comment